Mengatasi Motor Injeksi Yang Mogok

Halo berjumpa lagi dengan saya sebagai penulis yang kemarin memposting Tips Perawatan Motor Injeksi kali ini akan memberikan informasi tentang Cara mengatasi Motor Injeksi Yang Mogok.

Tak bisa dipungkiri bahwa semua buatan manusia itu pasti ada kekurangan dan akan ada kerusakan tertentu, kali ini tentang motor injeksi yang mogok, ada tips dan cara tesindiri nih dari penulis yang bisa anda praktekkan di motor injeksi.

Oke langsung saja, sebenarnya ada banyak masalah yang akan dihadapi pemilik motor injeksi, maksudnya, bukan hanya dari satu masalah/barang yang menyebabkan motor injeksi anda mogok.

Mogoknya motor injeksi bisa disebabkan karena beberapa sebab, contohnya pengapian, suplai bahan bakar, ataupun bisa jadi karena kerusakan bagian mesin tertentu seperti bagian sensor misalnya, motor injeksi terdiri dari beberapa sensor, ada sensor kemiringan motor, sensor air radiator, sensor panas mesin, sensor injeksi dan masih banyak lagi.

Oke untuk kali ini saya akan memberi informasi tentang motor injeksi yang mogok disebabkan injektor dan fuel pump pada tanki..

Untuk permasalahan injektor, terkadang karena filter jarang dibersihkan sehingga kotoran akan masuk melalui throtol (pengganti karburator) kemudian kotoran berhenti pada saluran injektor. Sehingga lubang penyemprotan injektor menjadi mampet, atau bahkan injektor tidak bisa menyuplai bahan bakar menuju piston.

Atau bisa juga injektor mampet disebabkan oleh kotoran dari fuel pump yang ada pada tank.. maka dari itu fuel pump sangat mempengaruhi penyemprotan injektor.

Untuk membersihkan fuel pump ataupun injektor bisa menggunakan Carb&Injector Cleaner yang biasa dijual di toko-toko sparepart sepeda motor.. penggunaanya mudah kok, jadi bisalah kalau mau membersihkan sendiri tanpa dibawa ke bengkel. Namun jangan sampai ada barang yang tertinggal (belum terpasang).

Pembersihan fuel pump pada intinya hanya pada pipa yang menuju ke saringan dan saringan yang terdapat kapas didalamnya, biasanya berwarna orange atau bahkan semu cokelat karena kotor. Bersihkan saringan fuel pump menggunakan carb&injector cleaner hingga kapas terlihat putih bersih. Semakin putih maka hasil juga semakin maksimal. Jamgan lupa semprot saringan yang telah dibasahi menggunakan carb&injector cleaner dengan angin yang bertekanan tinggi seperti dari kompressor angin. Setelah disemprot menggunakan angin, basahi lagi saringan menggunakan cairan carb&injector cleaner, lakukan cara tersebut berulang-ulang hingga kapas terlihat putih bersih.

Untuk pembersihan injector juga sama menggunakan cairan carb&injector cleaner dan jangan lupa semprot menggunakan angin bertekanan tinggi. Setelah dirasa pembersihan injector cukup, jangan dipasang terlebih dahulu, bisa dicoba untuk menghidupkan kontak dan dicoba pencet tombol start.. untuk mesin injeksi mio dan sejenisnya , memencet tombol injeksi bisa menyebabkan injector menyemprotkan bahan bakar.. Apabila pengeluaran bahan bakar melimpah tiada lubang yang macet maka injector telah selesai dibersihkan.

Setelah itu pasang kenbali komponen yang tadinya sudah dilepaskan.
Sekian informasi dan tips ini.. Selamat mencoba.. 

0 Response to "Mengatasi Motor Injeksi Yang Mogok"